Tips Sehat Sahur dan Berbuka Puasa

 seputarobat.blogspot.com
Pada saat berpuasa, aktivitas makan hanya berlangsung 2 kali, yaitu saat buka & sahur. Untuk itu pilihan makanan yang sehat & tepat dapat menghindari gangguan kesehatan, puasa pun nyaman & tetap energik, serta berat badan terkendali. Puasa tidak identik dengan lemas dong. Anda bisa tetap ceria saat beraktivitas meski tengah manjalankan ibadah puasa. Kuncinya: Tepat mengonsumsi makanan saat sahur. Memang sebagian dari kita malas saat makan sahur, karena biasanya saat jam itu kita terlelap tidur. Namun makan sahur merupakan kunci agar selama menjalankan ibadah puasa badan kita tidak lemas.

Banyak yang menggunakan alasan tubuh lemas karena kurang makan sehingga berakibat terhadap menurunnya produktivitas kerja sehari-hari. Dengan alasan tersebut, kemudian timbul perilaku tidak sehat yang dilakukan tanpa sadar dan menjadi kebiasaan selama berpuasa. Berikut ini beberapa tips khusus saat sahur dan berbuka puasa agar tubuh kita tetap sehat dan segar selama bulan puasa sehingga terhindar dari kebiasaan yang kurang sehat:

SAAT SAHUR
1. Makan makanan hangat, tujuannya tak lain agar makanan mudah dicerna sekaligus merangsang keluarnya enzim pencernaan

2. Porsi cukup. Jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Sahur ini sebagai pengganti sarapan, untuk mencukupi kebutuhan energi sepanjang hari. Usahakan gizi seimbang, cukup protein untuk menjaga kadar gula darah selalu dalam kondisi normal. Makan perlahan-lahan dan sedikit demi sedikit agar lambung terisi dengan baik.

3. Makan sayur dan buah. Sayur dan buah sebagai sumber vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga daya tahan dan kebugaran tubuh. Makanan ini juga kaya serat sehingga perut akan terasa kenyang dalam waktu lama. Dianjurkan mengonsumsi sayur dan buah yang kaya vitamin A, B, C dan E.

4. Minum susu. Jangan lupa tutup sahur dengan segelas susu sehingga tubuh akan memperoleh asupan gizi yang lengkap untuk aktivitas sepanjang hari

5. Minum air putih. Perbanyak minum air putih agar mengurangi bau mulut akibat keringnya mulut dan kurangnya aliran ludah & kurang bersihnya gigi. Sangat dianjurkan minum air putih 3-4 gelas pada saat bersahur.

6. Jangan minum kopi. Kopi tergolong diuretik yang akan menyebabkan cairan tubuh sering keluar, makanya hindari meminum kopi saat sahur

7. Solusi mi instan. Kalau terlambat bangun dan hanya sempat merebus mie instan, usahakan menambahnya dengan telur dan sayuran atau daging. Akhiri dengan segelas jus, jika tak sempat mengunyah buah. Sertakan juga suplemen multivitamin, jika Anda cemas makanan yang dikonsumsi kurang bergizi.

8. Jangan langsung tidur. Setelah makan sahur jangan langsung tidur. Tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan.

SAAT BERBUKA PUASA

1. Pada saat berbuka, awali buka puasa Anda dengan makanan atau minuman hangat dan manis seperti kolak, sirup, ataupun minuman manis lainnya. Hal ini penting untuk menormalkan kadar gula dalam tubuh. Selain itu pada saat berbuka kita juga disunahkan untuk memakan kurma. Tapi ingat, jangan mengkonsumsi minuman yang mengandung soda, karena dapat menimbulkan akibat buruk bagi perut Anda, terutama bagi anda yang memiliki penyakit maag.

2. Jangan langsung minum air dingin atau es, sebaliknya biasakanlah berbuka dengan minuman yang hangat. Perut yang kosong bisa menjadi kembung, bila Anda langsung berbuka puasa dengan air dingin, karena asam lambung dalam tubuh kita akan terbentuk semakin banyak.

3. Kemudian beristirahatlah kurang lebih satu jam sebelum menyantap hidangan berbuka yang telah dihidangkan. Tujuannya untuk memberikan keseimbangan terlebih dahulu pada pencernaan kita. Ingat, jangan mengkonsumsi makanan berlebihan dan makanan asinan.

4. Berbuka puasa hendaknya dilakukan secara bertahap dan tidak terburu-buru agar lambung tidak "kaget". Dengan demikian kerja lambung tidak terlampau berat karena lambung membutuhkan ruangan kosong untuk mencerna makanan. Untuk meringankan kerja pencernaan, kunyah makanan dengan baik.

5. Jangan makan dan minum terlampau banyak pada saat berbuka puasa. Kerja lambung yang sudah dibiarkan beristirahat sekitar 12 jam, akan menjadi terlampau berat.

6. Setelah berbuka puasa jangan langsung tidur. Tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan.

Semoga dengan menerapkan cara sahur dan berbuka puasa yang sehat, ibadah puasa kita menjadi lancar.

This entry was posted on and is filed under ,. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

One Response to “Tips Sehat Sahur dan Berbuka Puasa”