Ikhlas ,mutiara dalam hati


Bismillahirrahmanirrahim.
Segala puji bagi Allah, Tuhan sekelian alam. Selawat serta salam buat junjungan mulia Nabi Muhammad S.A.W. keluarga serta para sahabat dan pengikut yang istiqamah menuruti baginda hingga ke hari kiamat.

 Saudara saudariku yang dirahmati Allah,
Mutiara ini lebih mahal dari sekedar mutiara yang sering kita jumpai , mutiara ini tidak bisa dipegang ,namun bisa dirasakan keindahannya .Ikhlas , itulah namanya , tersimpan di hati paling dalam seorang hamba . Ikhlas merupakan amalan hati , kata ikhlas itu sendiri berarti suci , bersih ,tidak ternodai .Jadi seorang hamba baru bisa dikatakan ikhlas manakala ketika beramal ,tujuannya tiada lain hanyalah untuk Allah , untuk Tuhannya semata. benar-benar bening ,bersih dari niat-niat yang akan mengotori.

Sekali lagi , ikhlas itu adalah amalan hati , jadi jika kita beramal dan kebetulan ada orang yang melihat ,maka itu bukan riya' namanya  jika niat kita bersih , justru menjadi riya' jika kita mengurungkan niat beramal sholeh karena takut dilihat orang lain .
Keberadaan ikhlas sangatlah penting , ia bagaikan kunci diterima tidaknya amal ibadah kita , kunci bermanfaat tidaknya hidup kita
Ikhlas dan riya bisa diibaratkan 2 motor balap yang saling salip menyalip . oleh karena itu ,jika suatu saat mulai timbul rasa riya' dihati ketika kita beramal , segera katakan " aku tidak ingin riya'' . dengan begitu kita akan lebih kuat melawan riya' InsyaAllah .
Ikhlas ,inilah mutiara didalam hati ,tak nampak namun sangat indah . Akhir kata , semoga kita diberi kekuatan oleh Allah untuk bisa Ikhlas , amin .

This entry was posted on and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply