Depresi atau hanya efek samping obat ?

Jika kita lihat fenomena baru baru ini ,harus kita akui bahwa “galau” merajalela dimana mana , di Fb sampai iklan di tv hampir tak ada yang melewatkan hal yang satu ini . segitu parah kah ?
Depresi adalah kondisi psikologis yang membuat penderitanya menjadi kelelahan ,sedih (galau) bahkan bisa jadi mudah frustasi . Jika anda sering mengalami hal ini , mungkin anda adalah penderita depresi ini . Depresi bisa disebabkan banyak hal , Tekanan Psikologis ( keluarga yg banyak tuntutan , Tugas yang menumpuk , dan tidak teraturnya diri ) Masalah kesehatan ( Terjadi defisiensi pada salah satu gizi tubuh,atau efek samping obat ).
Jika anda tiba tiba lemah lesu lalu update status ” galau ” . Anda mungkin sebenarnya tidak sedang sedih ,tapi hanya lelah , ” kurang gizi” , atau gara gara obat yang anda minum ( pil KB dsb) . untuk pembahasan kali ini , saya ingin fokus pada obat-obat penyebab “kegalauan” tersebut dengan tips-tips sederhana untuk  mengatasinya .
APAKAH ANDA DIRONGRONG OBAT ?
Banyak dari obat-obat disekeliling kita yang hanya merongrong diri anda . Memisahkan sel dari berbagai nutrisi yang dibutuhkannya ,yang membuat anda jadi seperti mumi karena kelelahan lalu update status “galau” di FB :D .Kabar baiknya adalah ketika anda tau nutrisi apa yang dirampas oleh obat yang anda konsumsi ,anda dapat menggantinya dan kembali menikmati hidup ( ibadah kepada Allah) anda  .
KONTRASEPSI ORAL dan HRT ( Hormon Replacement Therapy )
Obat-obatan yang mengandung estrogen merampas vitamin B , Magnesium , Vitamin C , dan zinc yang berharga di tubuh anda . anda seketika akan berubah menjadi manusia setengah mumi yang kelelahan karena tiroid dan adrenal anda telah dikendalikan obat ini . Solusinya adalah membeli obat kontrasepsi oral + paket suplai nutrisi tiroid dan adrenal untuk 1 bulan kedepan (konsultasikan dengan dokter dan apoteker anda) . Anda memang tidak akan hamil ketika mengkonsumsi pil  KB , namun tanpa testosteron anda akan menjadi mumi yang kehabisan tenaga ! lalu update status ;D  .
PENGURANG KOLESTEROL STATIN .
Kolesterol dianggap sebagai pemicu penyakit jantung ( coba konsultasikan ke dokter anda , apa yang sebenarnya terjadi ) . Obat-obatan dalam kelas statin bekerja dengan cara mengahambat enzim yang memproduksi kolesterol didalam hati . namun tahukah anda kalau obat ini merampas harta yang penting dijantung ? , harta ini bernama CoQ10 ( Koenzim Q10) yang dibutuhkan jantung anda untuk tetap berdetak sehingga anda bisa menikmati ibadah kepada Allah . jika anda kekurangan CoQ10 ini , anda bisa kelelahan , rasa sakit di otot, sesak nafas dan yang ironis adalah anda bisa mendapat masalah jantung !( bukankah anda menghindari kolesterol untuk menghindari ini ?) , Solusinya adalah anda mengkonsumsi suplemen CoQ10 ini , ( silahkan konsultasikan ke apoteker anda untuk dosis ,aturan pakai dll)
OBAT TEKANAN DARAH
Selain merampas CoQ10 juga , obat ini merampok Kalium ,Magnesium,dan melatonin ( hormon penjaga mood dan membantu kita utk tidur ) , hasilnya anda akan kelelahan , asma ,kram dan  insomnia . Solusinya adalah dengan menambahkan sayur dan buah kedalam daftar diet anda . atau bisa juga dengan suplemen CoQ10 , Magnesium Kelat/glisinat , dan melatonin (ada di apotek dan Konsultasikan ke apoteker anda ).
OBAT-OBATAN LAIN
coba cek kotak obat anda , obat berikut juga bisa membuat anda depresi
1. Obat-obatan alergi ,batuk, dan flu yang ada antihistaminnya
2. Suplemen kalsium
3. Obat-obat migrain
4. Penghilang rasa sakit
5. Antidepresan TriSiklik
6.  Suplemen utk tidur yg mengandung GABA
Banyak amat ?? , ya begitulah , makanya kita dituntut untuk bijak dalam menggunakan obat , konsultasikan ke apoteker karena bagaimanapun apoteker paham obat , jika sakit berlanjut konsultasikan ke dokter karena bagaimanapun dokter paham akan penyakit .
Salam sehat untuk Indonesia , Jangan galau ya ,, Semangat 100 persen !!!

This entry was posted on . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply