Berobat yang Baik dan Benar

"Awali dengan menyebut nama Allah dan bersholawat kepada Rasulullah" , , ,
Tidak bisa dipungkiri bahwa kesehatan merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi semua orang . Saking pentingnya , kadangkala kesehatan ini menempati prioritas yang lebih tinggi dari kebutuhan pokok . Buktinya adalah seorang yang sakit akan mementingkan membeli obat daripada untuk makan makan yang berlebihan .Seringkali juga kita jumpai seseorang yang rela menjual rumahnya untuk mendapatkan kembali kesehatan setelah sekian lama menderita sakit.

Telah kita ketahui bahwa mencegah itu lebih baik daripada mengobati , maka wajib bagi kita untuk selalu menjaga diri dan keluarga kita dari segala ancaman penyakit yang selalu mengintai dimanapun kita berada.Meskipun demikian  yang bisa kita lakukan adalah berusaha , sakit bisa saja menghampiri anda .Nah ,, kalau sudah sakit ,ada 2 cara yang bisa kita tempuh untuk mencapai kesembuhan
  •          Pengobatan sendiri / self medication
  •         Menggunakan tenaga profesional  medis
Pengobatan sendiri
Tubuh kita telah Allah ciptakan dengan begitu bagusnya sehingga memiliki kemampuan untuk mengatasi segala maslah yang mungkin timbul , mulai dari pemberantasan virus virus yang masuk sampai perbaikan gen-gen yang rusak akibat mutasi .Tentu itu semua bisa berlaku dengan baik jika tubuh kita berada dalam kondisi sehat dan fit sehingga imunitas dan sistem perbaikan dalam kondisi yang baik.Jika syarat ini tidak terpenuhi maka yang terjadi adalah tubuh kita tidak mampu mengatasi masalah sehingga timbul penyakit . yang perlu anda lakukan jika hal tersebut terjadi adalah menguatkan imunitas  dan sistem reparasi anda dengan vitamin, mineral maupun gizi gizi yang diperlukan tubuh ( coba searching makanan dan herbal utk ini) . Syarat mutlak yang harus anda penuhi untuk melakukan pengobatan sendiri adalah anda harus tau dengan pasti penyakit yang anda derita dan fungsi serta efek samping pengobatan yang anda lakukan . Silahkan cari sumber informasi terpercaya (dokter,apoteker,bisa juga melalui blog binaan dokter ataupun apoteker). Pengobatan ini hanya cocok untuk sakit ringan .

Menggunakan tenaga profesional medis
Jika anda merasa asing terhadap penyakit anda atau jika sakit yang sudah terlampau batas . segeralah datang ke tenaga medis agar mendapat pengobatan yang lebih baik. Berikut adalah tahapan yang baik dan benar dalam berobat

Pertama , Periksakan diri anda ke dokter
Jelaskan masalah atau keluhan yang anda alami sedetail mungkin .Jangan malu ataupun takut karena sudah menjadi kewajiban dokter untuk mendengarkan keluhan pasien ,keterbukaan anda bisa membantu dokter memberi  keputusan terbaik untuk membantu anda sembuh .

Dengarkan baik baik pesan dan nasehat dokter , ini sangat penting untuk kesembuhan anda .Jika untuk penyembuhan penyakit yang anda derita butuh obat , maka dokter akan menuliskan secarik kertas resep yang harus diserahkan kepada apoteker .Ingat ,dokter tidak berhak untuk menyerahkan obat kepada pasien kecuali jika dokter praktek ditempat yang terpencil dan belum ada praktek pelayanan kefarmasian oleh apoteker .Apoteker adalah satu satunya profesional  berhak melayani kebutuhan obat anda dan yang paham betul mengenai obat .

Kemudian anda perlu datang menemui apoteker
Setelah menemui apoteker , selain mendapat obat yang anda butuhkan dalam terapi pastikan anda mendapat berbagai informasi terkait obat yang anda gunakan . Informasi minimal yang harus anda peroleh ketika datang menemui apoteker adalah :
  •            Penjelasan mengenai khasiat obat
  •           Cara pakai obat ( tidak semua obat digunakan dengan cara ditelan )
  •           Efek samping beserta cara penanganannya
  •           Reaksinya terhadap Makanan minuman atau obat lain yang anda konsumsi ( bisa menurunkan khasiat obat , menghilangkan khasiat , meningkatkan atau bahkan bisa membuat obat jadi bersifat racun ) , maka anda perlu menceritakan makanan dan obat lain yang mungkin anda konsumsi .
Jika anda merasa obat yang harus dibeli sangat mahal dan tidak terjangkau , maka bicarakanlah kepada apotekernya , dia juga punya solusi untuk itu . Anda mungkin akan diberi obat alternatif dengan khasiat sama namun harga yang jauh lebih murah ( Apoteker mempunyai wewenang merubah obat yang tertulis dalam resep dgn obat yang sama khasiatnya dgn persetujuan pasien atau dokter ,ada di PP 51 thn 2009 ) ,Atau jika anda ngotot tidak mau merubah obat ,apoteker bisa menyarankan untuk mengambil setengah resep dengan memberi copy resep untuk mengambil sisa obatnya dikemudian hari .

Perlu diketahui oleh pasien bahwa apoteker dan dokter adalah dua profesi yang saling melengkapi dan memang seharusnya bekerja secara sinergis untuk kesembuhan anda . maka janganlah sungkan untuk bertanya kepada mereka.

Semoga Tulisan singkat ini berguna bagi pembaca sekalian , yang sehat syukuri dan jaga kesehatan ,yang sakit instrospeksi diri dan semoga segera diberi kesembuhan oleh Allah ,, Aamiin 
Silahkan tuliskan komentar anda si kotak komentar

This entry was posted on and is filed under ,,. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

One Response to “Berobat yang Baik dan Benar”