Antara Pemuda, Masa Depan dan Eksistensi Bangsa

"Pemuda" ada yang Istimewa ketika kita berbicara tentang pemuda, ya peran dan fungsi  pemuda dalam suatu bangsa dan negara, keberadaannya dalam peta sejarah yang terukir sejak dulu hingga sekarang  mengabadikan akan eksistensinya dalam suatu bangsa. sejarah sudah mengukir dan tak bisa terpupus zaman. Ada apa dengan pemuda? nampak begitu istimewanya dalam pembicaraan sejarah, seolah tak bosan mengukirkan jejak-jejaknya dalam ukiran cerita eksistensi suatu bangsa. 

Pemuda, satu kata pendek yang terdengar biasa itu ternyata memiliki berjuta cerita, atas keterkaitannya dalam cerita suatu bangsa baik cerita senang atau sedih. Ada rahasia besar yang tersembunyi padanya namun  tak  banyak yang menyadari keberadaan rahasia besar ini. Bagaimana begitu percaya dan yakinnya seorang Soekarno presiden pertama RI akan pemuda, yang dikemukakan dalam pidatonya yang cukup melegenda,
 " berikan kepadaku 10 orang pemuda, maka aku akan guncangkan dunia"
ada apa dengan pemuda? rahasia besar apa yang ada padanya? sampai sampai sejarah selalu memilihnya sebagai pemeran dalam ceritanya? atas kematangan kecerdasan serta kemantapannya seorang Muhammad Al Fatih memimpin hingga berhasil menaklukan Konstantin, atas semangat yang membara Indonesia dan negeri - negeri terjajah terbebas terhormat atas penjajahan yang terjadi sekian lama. ternyata memang ada sesuatu yang spesial pada diri seorang pemuda, Imam Syahid Hasan Al Bana mengatakan mengenai sebagian rahasia - rahasia besar itu, dan inilah rahasianya    :
" Iman yang kuat, keikhlasan yang penuh, semangat yang membara dan amal yang mantap hampir-hampir keempat pilar ini merupakan karakteristik dari seorang pemuda" yang karenanya begittu pentingnya pemuda dalam peta kehidupan bangsa. 

pemimpin hari ini adalah cerminan pemuda masa lalu, dan pemuda hari ini akan mencerminkan seperti apa pemimpin masa depan itu? kondisi hari ini adalah suatu proses dari perjalanan hari kemarin dan  kemungkinan kondisi hari esok adalah seperti apa proses itu dijalani? jelaslah bagi kita bahwasanya para pemuda merupakan cermin bagi suatu bangsa.

Masa depan bangsa yang cemerlang adalah Impian (cita-cita)... Pemudalah yang menjadi harapan itu, karena atas, harapan itu masih ada... dan eksistensi masa depan  adalah kepastian yang akan diraih dari pengorbanan panjang dalam menjalani rangkaian prosesnya, dan akhirnya sejarahlah yang kembali menceritakan bagaimana goresan jejak - jejak itu dibuktikan. 

wahai para pemuda dipundak- pundak kalianlah masa depan bangsa ini tertanggung, bukan menjadi beban tapi menjadi tantangan ! bagaimana kalian menjadi bagian dari seorang " pemuda pemenang" itu yang tak boleh kalah dengan kepentinagan pribadinya, kalah dengan ambisi,kalah dengan ketakberdayaan, kalah dengan perasaanya, dan pemuda pemenang hanya boleh jatuh untuk bangun kembali, ia hanya boleh lelah untuk berkontribusi kembali, ia hanya boleh salah untuk menjadi yang terbaik. wahai para pemuda pemenang sungguh dibutuhkan kesabaran seluas samudara untuk bertahan dari cobaan yang datang, dibutuhkan ikhtiar seluas langit untuk menggapai semua harapan yang masih ada, dibutuhkan keikhlasan seluas jagat raya atas setiap pengorbanan yang mesti dilakukan,! teruslah belajar untuk menjadi yang terbaik, karena terbaikmu akan mencerminkan terbaik bangsamu ! teruslah berjuang menjalani setiap proses yang membentang, karena melewatkan satu proses saja akan membuat cerita sejarah masa depanmu dan bangsamu akan berbeda ! karena pemuda itu harapan yang masih ada... Adakah kamu bagian dari " PEMUDA PEMENANG, PEMUDA HARAPAN BANGSA" ???


Muhammad A Setiyadi
        (kangmas)

This entry was posted on and is filed under ,. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

One Response to “Antara Pemuda, Masa Depan dan Eksistensi Bangsa”